Perangkat Keras Komputer

   C. PERAKAT KERAS KOMPUTER

       perangkat keras adalah bagian komputer yang bisa kita lihat wujud fisiknya. Hardware komputer   tersusun dari komponen komponen elektronika dan mekanis yang dirakit membentuk modul-modul       yang diberi nama sesuai dengan fungsinya.

     1. Persangkat Keras Internal

       Perangkat keras internal adalah perangkat keras yang di pasangkan di dalam koneksi internal mainboard. Beberapa contoh perangkat keras internal dalam komputer adalah sebagai berikut.

      a. Mainboard

        Motherboard adalah bagian komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS (Basic input output system) , pengatur koneksi input-output(chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA). BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input output pada komputer. Bagian yang termasuk input seperti : Keyboard dan mouse. Bagian yang termasuk output seperti Monitor dan printer.




 b. CPU ( center processing unit )

         Processor (CPU) Prosessor adalah otak sentral dari sebuah komputer. Prosessor adalah yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

  

  c. Memori

        Memori bertugas untuk menyimpan semua instruksi sebelum disetakan dalam CPU dan setiap data yang akan diproses atau yang di hasilkan CPU. Ada dua jenis memori utama,yaitu sebagai berikut;

  1. ROM ( read only memori )

         ROM adalah memori yang menyimpan data BIOS (Basic Input Output System ) yang berfungsi mengatur kompunen-kompunen dalam komputer. Memori tersebut hanya bisa di baca saja dan tidak dapat ditulis. Contohnya, AWARD BIOS dan IBM BIOS.

       2. RAM (Random Access Memory)

         RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz. RAM Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

    3. Power Supplay 

     Power Supply adalah salah satu hardware komputer yang berperan dalam menyuplai tegangan pada setiap komponen komputer yang membutuhkan aliran arus listrik. Selain itu Power Supply juga dapat merubah arus listrik dari AC ke DC sebelum diteruskan ke hardware komputer lainnya. Beberapa komponen seperti Motherboard, CD ROM, Harddisk, Floppy Disk, dan lainnya adalah beberapa contoh perangkat yang menerima arus listrik dari Power Supply.

    

 

     2. Perangkat keras eksternal

        Perangkat eksternal adalah salah satu kelompok perangkat yang terdapat pada sebuah komputer. Perangkat ini sejak awal tidak termasuk dalam kelompok perangkat yang diserahkan atau dibeli oleh pengguna, melainkan harus dibeli secara terpisah.

         Perangkat eksternal biasanya digunakan untuk mendukung kebutuhan tambahan yang dimiliki oleh pengguna. Kebutuhan tersebut dipenuhi antara lain dengan mesin pencetak untuk kebutuhan pencetak, modem untuk koneksi internet, UPS untuk pemberi daya cadangan, perangkat penyimpanan eksternal untuk memberikan daya tampung memori tambahan, dan lain sebagainya.

      a. Machine Readable 

        Machine-Readable Catataloguing atau MARC adalah standar untuk komunikasi data katalog di dunia perpustakaan dan informasi. Pada dasarnya, MARC adalah format data (atau lebih tepatnya: sekumpulan format data) yang memungkinkan pertukaran data katalog atau data lainnya yang terkait antar sistem-sistem perpustakaan yang memakai komputer. Dibuat dan digunakan pertama kali di tahun 1960an (jauh sebelum era Internet dan perpustakaan digital), format MARC ini sudah “mendarah-daging” di bidang perpustakaan. Ketika memasuki era perpustakaan digital, maka sudah terlalu banyak data perpustakaan yang dibuat berdasarkan MARC. Itu sebabnya, setiap teknologi baru dalam bidang perpustakaan dan informasi pun harus menyesuaikan diri dengan MARC. Ini akan menambah langgeng usia dan pengaruh MARC di bidang perpustakaan.

        b. Human Readable

       Human Readoble yaitu perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer. Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive. 

       c. Communication, 

    Communication yatu perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Misalnya: NIC dan modem.adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Sistem Komputer X Tentang Perangkat Eksternal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

       a. Port Input/Output

       Port I/O adalah tempat dimana sebuah connector I/O dipasang dan semua itu masih dalam control processor. Port I/O paling banyak berada pada komponen motherboard pada CPU, port ini digunakan untuk menghubungkan setiap komponen komponen perangkat hardware lainnya. Letak port port ini biasanya berada pada bagian belakang CPU dan pada bagian  dalam motherboard, sedangkan pada laptop berada di samping kanan dan kiri.

       1) Port Secara fisik 

      Port Fisik adalah soket, slot atau jack koneksi yang memungkinkan kabel bisa dihubungkan dengan komputer, router, modem, USB, dan perangkat lainnya. Masing-masing soket memiliki bentuk fisik dan fungsi yang berbeda pula. Beberapa port jaringan fisik terdapat pada perangkat keras jaringan komputer.

          2) Port secara logika sebagai layanan service

         Port secara logika merupakan suatu mekanisme yang memberikan atau mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan.

          1) Post USB

     Port USB terdiri dari dua kata, yaitu port dan USB. Yang pertama Port adalah tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke computer kita, serta USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dengan makna lain dapat dikatakan standar interface sebuah device. Dengan kata lain pengertian dari Port USB adalah hubungan serial antara peripheral dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita.

   

         2) Port serial

      Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang.

      Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.


          3) Port Ethernet atau modem 

     merupakan teknologi jaringan yang mendukung beberapa laju data dengan kecepatan 10 Mb hingga 1.000 MbpsFungsi utama port ini memang untuk mendapatkan akses jaringan yang lebih cepat.

      Selain port USB dan port serial terdapat beberapa port fisik lainnya yang bisa digunakan

sebagai port input/outpu pada mainboard komputer, yaitu port PS/2, port VGA, port paralel, dan port audio.


     b. Perangkat Masukan ( input Device )

      Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. 

    Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Langsung saja kita simak yang pertama.

     1) perangkat masukan pengetikan

Perangkat ini hanya dapat menerima masukan beberupa angka, alfabet, simbol, dan operator aritmatika. contoh perangkat input yang sering digunakan  adalah keybord meskipun saat ini telah berkembang sebagai prangkat input pengertian lainnya.

    2) Perangkat masukan penunjuk (pointer)

Peranti penunjuk (bahasa Inggrispointing device) adalah peranti masukan (lebih spesifiknya, peranti antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan tombol pada tetikus tersebut. Gerakan peranti penunjuk akan diteruskan ke layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual lainnya.

      a) Mouse

        Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus. Mouse roller-bola konvensional menggunakan bola untuk membuat tindakan ini: bola berada dalam kontak dengan dua lubang kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu sama lain.

        Saat bola bergerak memutar poros tersebut, dan rotasi diukur oleh sensor di dalam mouse. Jarak dan arah dari sensor ini kemudian ditransmisikan ke komputer, dan komputer bergerak pointer grafis pada layar dengan mengikuti gerakan mouse. Mouse lain yang umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi.



       b) Trackball

        Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik: sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak.

        Tracker bola biasanya digunakan pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan, mana mungkin tidak ada ruang meja yang menggunakan mouse. Beberapa mampu klip ke sisi keyboard dan memiliki tombol dengan fungsi yang sama seperti tombol mouse. Ada juga trackball nirkabel yang menawarkan jangkauan yang lebih luas dari posisi ergonomis bagi pengguna.


       c)  Touchpad

         Sebuah touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada komputer laptop. Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, tetapi pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan menekan pada pad.

         Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan khusus seperti bergulir dengan menggerakkan jari seseorang di sepanjang tepi. Ini menggunakan grid dua lapisan elektrode untuk mengukur gerakan jari: satu lapisan memiliki strip elektrode vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan lapisan lainnya memiliki strip elektrode horisontal untuk menangani gerakan horisonta



  c. Perangkat Keluarkan   

     Perangkat keras keluaran adalah perangkat yang berfungsi menampilkan data dalam bentuk audio, tampilan grafis, hasil cetak, dan lainnya. beberapa perangkat keluaran yang sama.

      1) monitor 

        Mouse bentuknya mirip seperti tikus (mouse), berfungsi untuk memasukkan perintah pada komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Koperasi Syariah dan Konvesional